Alat Musik Petik

Kenali Jenis Alat Musik Petik Paling Populer

Read Time:2 Minute, 32 Second

Alat Musik Petik – Anda harus suka mendengarkan musik karena itu sangat menyenangkan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati bermain alat musik. Ada berbagai macam alat musik dengan cara memainkannya yang berbeda-beda. Salah satu yang paling populer adalah alat musik gesek. Sahabat Blibli mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai jenis alat musik petik ini.

Alat Musik Petik Populer

Secara sederhana, alat musik petik adalah alat musik yang memiliki senar dan dimainkan dengan cara dipetik sehingga menghasilkan bunyi. Nah, tidak semua alat musik yang memiliki senar bisa dipetik. Ada barang-barang yang perlu dicuri, seperti biola dan cello. Kali ini kita melihat alat musik petik yang paling populer.

1. Gitar

Gitar adalah alat musik petik yang paling populer. Alat musik ini sangat terkenal di seluruh dunia. Badan dan leher gitar biasanya terbuat dari kayu. Kemudian dilengkapi dengan 6 senar yang dapat dipetik.

Untuk menciptakan nada yang indah, Anda dapat memainkannya tidak hanya dengan memetik, tetapi juga dengan jari Anda. Ada 144 chord dasar pada gitar yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda. Saat ini ada dua jenis gitar yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

2. Ukulele

Sepintas, ukulele sangat mirip dengan gitar. Namun ukuran alat musik ini lebih kecil dari pada gitar. Biasanya ukulele digunakan sebagai instrumen utama musik keroncong. Padahal, ukulele adalah alat musik tradisional Hawaii. Ukurannya bervariasi. Secara umum, ada empat jenis ukulele yaitu sopran (21 inci), konser (23 inci), tenor (26 inci) dan bariton (30 inci).

3. Kecapi

Kecapi juga merupakan alat musik tradisional. Berasal dari dataran Sunda. Namun, alat musik ini sangat terkenal bahkan di seluruh pulau Jawa. Jumlah senar pada harpa bervariasi. Senarnya berkisar antara 15-10 senar, itu semua tergantung dari jenis dan ukuran kecapi.

Kecapi dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan bentuknya, yaitu kecapi parahu dan kecapi sitar. Sedangkan berdasarkan fungsinya, harpa juga ada 2 jenis, yaitu harpa penemuan dan harpa detail.

4. Harpa

Tahukah Anda bahwa kecapi adalah salah satu alat musik tertua di dunia? Pada umumnya harpa berbentuk segitiga dan juga berwarna keemasan. Harpa terdiri dari tiga bagian utama, yaitu papan suara, leher dan senar.

Harpa juga memiliki jumlah senar yang bervariasi, mulai dari 22 hingga 47 senar. Biasanya kecapi dimainkan secara orkestra atau sendiri-sendiri. Di masa lalu, sedini 1500 SM. Sebelum masehi, senar harpa dibuat dari rambut atau serat tumbuhan yang diikat di sisinya. Saat ini kebanyakan harpa menggunakan nilon dan, untuk membuatnya lebih kecil, juga menggunakan kawat.

5. Shamisen

Shamisen adalah alat musik gesek dari Jepang. Alat musik ini memiliki arti tiga baris. Sangat berbeda dengan alat musik gitar dan ukulele. Hanya ada 3 senar pada shamisen dan cara menggunakannya dengan cara dipetik dengan bachi. Shamisen terdiri dari 3 bagian utama yaitu do (tubuh), sao (tenggorokan) dan itomoki (pasak).

Unik ya, alat musik petik. Selain bentuknya yang klasik dan cantik, gaya bermainnya juga sangat menarik. Kelihatannya mudah, tetapi ketika Anda pertama kali mempelajarinya tidak akan semudah itu. Untuk membuat musik lebih menyenangkan, cukup beli alat musik favorit Anda dan mainkan bersama taman dan juga kerabat.

Baca Juga: Strategi Scalping, Trading Jangka Pendek yang Menguntungkan

Strategi Scalping Previous post Strategi Scalping, Trading Jangka Pendek yang Menguntungkan
Cara Menambah Followers Instagram Aktif Next post Cara Menambah Followers Instagram Aktif secara Cepat