7 Contoh Media Pembelajaran Daring Gratis Yang Bekerjasama Dengan Kemendikbud

7 Contoh Media Pembelajaran Daring Gratis Yang Bekerjasama Dengan Kemendikbud

Read Time:4 Minute, 6 Second


Saat ini setidaknya terdapat 12 contoh media pembelajaran daring yang dapat diakses oleh siswa di seluruh Indoneisa. Penggunaan media pembelajaran online ini sendiri diterapkan mengikuti kebijakan pembelajaran jarak jauh yang diterapkan oleh pemerintah terkait dengan mewabahnya Covid-19 di Indonesia.

Terkait dengan penyediaan media pembelajaran daring yang efektif untuk dipergunakan selama masa pembelajaran jarak jauh. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KemenDikBud) telah bekerja sama dengan sejumlah platform digital untuk menyediakan aplikasi pembelajaran online.

7 Contoh Media Pembelajaran Daring Gratis

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah Icando-630x380.png
Icando

Melansir dari halaman kompas.com, terdapat 12 platform dan sekaligus aplikasi belajar online yang dapat diakses gratis oleh para siswa. Kami akan membahas beberapa diantara pilihan aplikasi pembelajaran online tersebut.

Rumah Belajar

Contoh media pembelajaran daring yang pertama adalah aplikasi bernama Rumah Belajar. Aplikasi ini sendiri merupakan media pembelajaran online yang dikembangkan oleh KemenDikbud yang ditujukan untuk menjadi sumber belajar.

Di dalam aplikasi Rumah Belajar, terdapat cukup banyak fitur yang dapat dipergunakan untuk mendukung proses pembelajaran online mulai dari Laboratorium Maya, Sumber Belajar, Kelas Digital, Bank Soal dan lainnya. Yang paling penting, semua fitur yang disediakan dalam aplikasi ini dapat dipergunakan secara gratis.

Meja Kita 

Contoh media pembelajaran daring lainnya yang juga dapat dipergunakan oleh para siswa adalah aplikasi bernama Meja Kita. Seperti Rumah Belajar, Meja Kita ini juga merupakan aplikasi pembelajaran online yang dikembangkan oleh KemenDikbud.

Aplikasi ini menyediakan berbagai materi pelajaran mulai SD hingga SMA yang disajikan secara sistematis. Tidak hanya itu, media belajar online yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur forum diskusi yang dapat dipergunakan untuk tanya jawab seputar memahami materi pelajaran.

Tujuan utama dari aplikasi Meja Kita ini dirancang ini sendiri dapat dikatakan cukup sederhana, yakni mendukung para siswa untuk dapat belajar dan berdiskusi tentang materi pelajaran.

Icando

Icando juga menjadi salah satu media pembelajaran daring yang diusung oleh Kemendikbud untuk mendukung kegiatan belajar jarak jauh yang tengah berlaku. Salah satu contoh media pembelajaran daring ini sendiri merupakan aplikasi belajar online yang dirancang sesuai dengan kurikulum 2013.

Berbeda dengan beberapa aplikasi belajar online yang dijelaskan sebelumnya, aplikasi Icando ditujukan untuk dapat membantu meningkatkan motiviasi belajar anak-anak di jenjang PAUD. Icando sendiri memuat ratusan minigames yang dapat merangsang motiviasi belajar anak.

Baca juga: Tips Membeli HP Secara Online yang Aman dan Terpercaya

IndonesiaX

Media pembelajaran daring bernama IndonesiaX ini mungkin juga masih sedikit asing untuk anda. Namun aplikasi ini dapat dikatakan sebagai sala satu aplikasi belajar online yang cukup lengkap. 

Indonesia X ini dirancang untuk mendukung penyediaan akses belajar melalui kursus-kursus yang tersedia di dalamnya. Setiap kursus dikelola oleh para instruktur profesional dari Indonesia. Aplikasi yang diluncurkan pertama kali pada tanggal 17 Agustus 2015 ini sendiri dapat digunakan secara gratis.

Google For Education

Google pun sebenarnya sudah cukup lama berpartisipasi dalam mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh (pembelajaran online). Banyak dari anda tentunya mengetahui bahwa Google memiliki sejumlah platform yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran online, layanan berisi platform tersebut sendiri dinamai Google For Education atau G-Suite.

Adapun sejumlah platform tersebut meliputi Google Classroom, Google Meet, Google Drive, Google Form dan lainnya. Salah satu keunggulan dari aplikasi pembelajaran daring dari Google ini adalah dapat tetap digunakan meskipun koneksi internet anda dalam keadaan lemah.

Kelas Pintar

Kelas Pintar dapat disebut salah satu platform yang mendukung edukasi berbasis digital di era sekarang. Aplikasi ini dirancang agar dapat memberikan pengalaman belajar mengajar yang terbaik. Di dalam aplikasi ini, tersedia dashboard yang dapat digunakan oleh siswa, guru maupun orang tua. 

Kelas Pintar sendiri memuat materi pembelajaran kurikulum 2013 yang disajikan dengan interaktif. Tidak hanya hadir di Indonesia, aplikasi kelas pintar juga telah hadir di beberapa negara lain seperti Afrika Selatan, India dan Singapura.

Quipper School

Contoh media pembelajaran daring yang terakhir daftar kami adalah Quipper School. Quipper School dapat dikatakan sebagai salah satu platform belajar online yang cukup terkenal di Indonesia. 

Platform belajar online yang telah berdiri sejak 2010 ini didukung dengan fasilitas yang memudahkan guru untuk mengelola tugas dan pekerjaan rumah. Sehingga guru akan dapat lebih memahami kelebihan dan kekurangan belajar pada siswanya. 

Selain Quipper School, juga terdapat platform belajar online serupa yang juga cukup ternama, yakni Ruang Guru. Aplikasi yang menggandeng Iqbaal Ramadhan sebagai ambassador nya ini menawarkan berbagai fitur pembelajaran seperti kelas virtual, ujian online, video pembelajaran dan lainnya.

Terlepas dari banyaknya aplikasi belajar online saat ini. Tidak dapat dipungkiri, masih banyak orang tua yang mempercayakan pembelajaran anaknya kepada bimbel dan les Private. Sistem pembelajaran ini memang dianggap lebih efektif. Apalagi saat ini semakin banyak layanan bimbingan belajar yang telah mempromosikan layanannya di pencarian internet.

Anda dapat menemukan beberapa diantaranya dengan menggunakan bebera frasa kata kunci seperti les private jakarta, bimbel jakarta dan lainnya. Banyak juga diantara layanan bimbingan belajar tersebut yang menawarkan layanan kelas online seperti beberapa aplikasi di atas. 

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai contoh media pembelajaran daring yang dapat dipergunakan oleh siswa selama masa SFH (Study From Home). Bagaimana? Apakah terdapat nama dari aplikasi di atas yang masih asing di telinga anda?

Previous post Cara Menambah Followers Instagram Aktif secara Cepat
Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Kloset, Mana yang Lebih Sehat? Next post Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Kloset, Mana yang Lebih Sehat?