Jenis Motif Batik Modern Dari Solo

Tidak dimungkiri kalau Solo adalah sepetak wilayah di Indonesia yang menjadikan batik sebagai ikonik dari daerah. Bahkan bisa dikatakan kalau Solo merupakan pusat batik di dalam negeri baik itu batik tradisional apalagi batik modern.

Salah satu alasan Solo disebut penghasil batik kontemporer yang populer ialah karena kota ini memiliki jumlah motif batik yang sangat banyak. Bahkan semuanya berkualitas dan mampu mengesankan batik yang luks alias mewah.

Nah, di bawah ini ada beberapa motif batik modern Solo yang harus diketahui oleh pembaca. Sehingga bisa dibedakan mana motif batik yang dari Solo dan mana batik yang datang dari kota lain seperti Pekalongan dan Magetan. Ini dia motif yang dimaksud: (3)

1. Motif Batik Sidomukti

Motif batik solo kontemporer yang pertama adalah motif batik sidamukti. Ini merupakan motif klassic yang berhasil diperbaharui tanpa mengubah esensi dan filosofi dari motif tersebut.

Umumnya batik semacam ini digunakan untuk acara-acara resmi seperti pesta pernikahan dan untuk menyambut para tamu agung yang datang ke Solo. Bahkan batik juga dipakai oleh calon pengantin pria yang akan melangsungkan pernikahan.

Jika melihat dari fungsi batik di atas, maka wajar kalau esensi warna dari motif batik sidamukti adalah warna gelap. Di antaranya menggunakan warna cokelat tua dan kuning tua.

2. Motif Batik Truntum

Motif Batik Truntum merupakan motif batik yang sejatinya sudah ada di Solo jaman dulu. Biasanya motif ini dipakai untuk pakaian pengantin baik pakaian untuk mempelai laki-laki maupun mempelai perempuan.

Filosofi dari motif batik truntum adalah supaya kedua mempelai bisa menjalani kehidupan rumah tangga dengan baik. Termasuk terhindar dari pertengkaran dan juga perceraian.  

Kini motif batik truntum mulai digunakan untuk batik modern hanya dengan memasukkan detail-detail tambahan saja. Salah satunya ialah memberikan sket warna yang lebih cerah dibandingkan ketika motif masih tradisional.

3. Motif Batik Slobog

Motif batik modern Solo yang ketiga ialah motif batik slobog. Ini merupakan motif yang tidak banyak digunakan karena dari segi warna kurang eksotis. Penggunaan warna abu-abu dan hitam justru membuat tampilan motif terlalu sederhana.

Menurut sejarahnya motif batik ini sering digunakan pada baju ngelayat. Jika melihat desainnya memang motif batik slobog layak disebut busana berbelasungkawa.

Oleh karena alasan di atas, banyak toko batik yang tidak menjual batik dengan motif semacam ini. Toh pelanggannya juga tidak terlalu banyak yang tentunya tidak sebanding dengan modal yang dikeluarkan oleh penjual.

4. Motif Batik Satrio Manah

Motif batik modern khas Solo yang keempat adalah motif batik satrio manah. Ini juga diadopsi dari motif batik tradisional yang memiliki filosofi terkait dengan pernikahan.

Di jaman dulu kain batik dengan motif satrio manah biasanya dipakai oleh wali pengantin pria. Katanya ini sebuah persyaratan agar si mempelai pria bisa mengarungi kehidupan rumah tangga dengan langgeng.

Salah satu kriteria dari batik ini ialah memiliki motif yang sederhana tetapi fokus. Bisa dipastikan tidak ada corak yang abstrak pada busana yang satu ini. Maka dari itu, batik modern dengan motif satrio manah layak dipakai ke acara-acara formal.

5. Motif Batik Kawung

Motif batik kawung merupakan motif batik Solo yang mulai diperbaharui sehingga menjadi batik kontemporer. Pihak pengrajin pun mulai menyematkan detil-detil khusus seperti warna batik yang mulai diperkuat dengan warna-warna cerah.

Desain motif juga diperkaya dengan penyematan aksentuasi corak yang lebih abstrak supaya batik bisa dipakai oleh semua kalangan. Termasuk digunakan oleh kaum remaja di bawah 30 tahun yang lebih suka corak batik halus dibandingkan motif sederhana.

Sekalipun desain mengalami pembaruan tetapi esensi dari motif kawung tidak dihilangkan. Hanya yang diperkuat detilnya saja supaya batik terlihat lebih casual dan mewah.

Toko Batik-S128, Distributor Batik Modern Solo

Toko Batik-S128 merupakan distributor batik modern Solo yang sangat terkenal. Bahkan admin dianggap amanah karena selalu memposting testimoni pelanggan di situs bisnis yang resmi.

Salah satu keunggulan dari Toko Batik-S128 adalah memiliki stok batik Solo yang lengkap. Termasuk mempunyai produk dari berbagai macam merek atau branding yang dianggap memiliki kualitas tinggi.

Ini yang membuat Toko Batik-S128 memiliki banyak pelanggan tidak hanya di Solo tetapi juga datang dari luar kota di Jawa Tengah. Termasuk dari Jawa Barat dan dari Jawa Timur

Toko Batik-S128, Distributor Batik Modern Solo yang Amanah

Batik-S128 adalah gerai online batik modern yang terpercaya dan amanah. Ada jaminan jika uang Anda transfer maka batik akan dikirim waktu itu juga. Jadi calon pembeli tidak perlu menunggu lama untuk menggunakan batik.

Karena status kepercayaan ini maka jangan ragu lagi silakan membeli batik modern dari Batik-S128 saja. Dijamin Anda akan puas karena pelayanan sangat baik serta harga batik yang ditawarkan juga murah.