Cara Mengatasi Kartu Kredit Macet

Kartu kredit sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari banyak orang di era milenial ini. Betapa tidak, banyak sekali keuntungan dari kartu kredit  yang bisa kita manfaatkan. Namun masalah sering muncul saat kartu kredit macet pembayarannya.

Secara garis besar banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari kartu kredit. Antara lain, bisa kita pakai untuk melakukan berbagai pembayaran di saat kita tidak membawa uang cash. Namun ingat, jangan sampai mengalami kartu kredit macet oleh karena kita tidak bisa mengontrol cara penggunaannya.

Selain untuk melakukan pembayaran, kartu kredit bisa kita gunakan untuk mencicil sebuah barang tanpa bunga. Satu lagi keuntungan menggunakan kartu kredit adalah kita bisa melakukan pencairan dana pada saat yang sangat genting. Semisal jika kita tidak memiliki uang untuk membiayai sesuatu, atau benar-benar kepepet.

Ketiga manfaat utama dari kartu kredit itu harus bisa kita manfatkan sebaik mungkin.  Jangan menggunakan kartu kredit dengan  sembarangan. Sembarangan dalam artian, harus tetap terkontrol. Jika tidak, kita akan terjebak dalam jebakan masalah kredit macet. 

Banyak hal yang menyebabkan kartu kredit mengalami macet. Antara lain pemakaian yang terlalu boros sehingga kita mengalami kesulitan membayar. Kemudian kita membayar dengan pembayaran minimum.  Setelah pembayaran minimum pun tidak sanggup lagi kita setorkan, akhirnya kita masuk dalam black list bank BI.

Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya ada jalan keluarnya yaitu dengan mengikuti program pengelolaan utang. Fungsinya agar pemegang kartu bisa mendapat kelonggaran oleh bank. Pemegang kartu kredit bisa mengajukan permohonan ini kepada bank yang mengeluarkan kartu kredit.

Cara Mengatasi Kartu Kredit yang Macet

Biasanya ada tiga jenis program perbankan dalam meberikan keringanan bagi nasabah kartu kredit yang mengalami macet.

1. Diskon untuk sekali pembayaran

Jenis program  ini memungkinkan pelanggan mendapat potongan yang besar dari total hutangnya. Biasanya, besaran diskon bagi pemegang kartu yang mengajukan permohonan adalah adalah 20 sampai 70 persen. Akan tetapi, syarat utamanya adalah setelah mendapat diskon itu, pemegang kartu harus membayar  lunas sisa dari hutang itu.

Bagi Anda yanag sudah terlibat dalam masalah kartu kredit macet ini, alangkah baiknya menyelesaikan masalah dengan cara ini. Tentu saja syaratnya Anda harus sudah memiliki uang  untuk melakukan pelunasan.

Anda bisa datang ke bank yang mengeluarkan kartu kredit dan meminta keringanan.

2. Memperpanjang cicilan dengan bunga rendah

Berbeda dengan program diskon dan membayar satu kali, program yang satu ini khusus bagi nasabah  yang secara finansial kurang mampu. Singkatnya, nasabah dengan tunggakan kartu kredit ini dapat memperpanjang jangka waktu pembayaran  agar lebih mudah.

Jika Anda tidak memiliki uang yang cukup untuk membayar lunas kartu kredit yang macet, Anda bisa menggunakan cara kedua ini. Anda bisa meminta bank untuk menambah tenor cicilan Anda namun dengan bunga yang pastinya lebih kecil.

Baca juga: Ciri-Ciri Sepatu Sneakers Asli, Yang Lagi Berburu Sneakers Wajib Tahu!

Bunga yang diperoleh biasanya lebih rendah dari bunga yang berlaku pada umumnya. Jika suku bunga normal saat ini berada pada kisaran 2,25%, maka peluang untuk keringanan ini bisa menjadi  0-2%.

3. Diskon Cicilan untuk mengatasi kredit macet

Cara mengatasi kartu kredit macet yang terakhir adalah diskon cicilan. Berbeda dengan dua program sebelumnya.  Jenis program ini merupakan gabungan dari dua jenis program nomor satu dan dua. Nasabah mendapatkan potongan, dan sekaligus boleh melakukan pembayaran dengan cara mencicil.

Setelah mengadakan evaluasi maka bank akan mengevaluasi permohonan Anda. Bank juga akan melakukan riset riwayat ekonomi Anda terlebih dahulu. Jika memang layak, maka maka bank akan mengabulkan permohonan Anda melakukan untuk dua hal ini.

Pertama bank akan memberikan potongan diskon. Besarannya akan ditentukan oleh bank. Setelah memberikan potongan, kemudian nasabah harus mencicil sisa hutang yang sudah . Sayangnya tidak semua bank melakukan kebijakan ini. Jadi sebelum anda mengajukan permohonan ini, pastikan bahwa bank yang mengeluarkan kartu kredit Anda memiliki program ini.

Menyelesaikan Kartu Kredit Macet: Konsultasi

Sebelum Anda mendatangi bank dan mendapatkan program bantuan seperti ketiga pilihan di atas, Anda bisa mencari bantuan dari perusahaan penyedia jasa program pengelolaan utang. Perusahaan yang menawarkan program manajemen utang seperti itu biasanya memiliki tim berpengalaman untuk membantu Anda dengan strategi penyelesaian utang.

Belum lagi jika Anda memiliki banyak hutang dengan bank yang berbeda pada waktu yang bersamaan. Tentu saja, perusahaan yang menawarkan program pengelolaan utang dapat membantu Anda merencanakan strateginya. Selain itu mereka akan membantu Anda memutuskan jenis tunggakan apa yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Dan semua tergantung situasi keuangan Anda.

Salah satu keuntungan menggunakan perusahaan yang menawarkan program manajemen utang untuk menyelesaikan masalah utang kartu kredit Anda adalah Anda bisa fokus mencari cara untuk melunasi utang.

Masalah hutang memang harus diselesaikan. Dan setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Demikian dengan masalah kartu kredit Anda. Namun apapun itu, baiknya kita ingat pepatah orang bijak, “Lebih baik mencegah daripada mengobati.”

Jika kita memiliki kartu kredit, pergunakan dengan bijak dan hati-hati. Jangan pergunakan membabi buta. Tidak perlu membelanjakan kartu kredit untuk hal yang tidak penting. Kartu kredit itu sifatnya hanya untuk membantu kita saat tidak ada jalan keluar, bukan untuk kita pakai setiap saat apalagi untuk hal yang tidak terlalu bermanfaat.

Jika masih ingin memiliki kartu kredit, ada aiknya Anda memiliki kartu kredit virtual seperti Paypal. Paypal adalah metode pembayaran yang mirip dengan kartu kredit. Bedanya adalah, kalau kartu kredit sumber dananya berasal dari bank, maka Paypal berasal dari dana/ saldo kita sendiri. Cara menambahkan saldo cukup gampang. Salah satunya mengunjungi situs-situs yang bekerja sama dengan Paypal untuk beli Paypal murah .

Demikianlah artikel kali ini kami persembahkan bagi Anda semua. Kiranya bisa memberi pengetahuan kepada Anda agar tidak terlibat dalam masalah kartu kredit macet. Sekalian juga kami sudah sajikan cara mengatasi jika kartu kredit Anda bermasalah dengan pembayaran.