Kota Bengkulu dengan Segala Daya Tariknya

Hai kalian warga Bengkulu, pastinya bangga dong menjadi bagian dari Kota Bengkulu yang terkenal dengan kuliner tradisional khas-nya, yaitu Tempoyak, dan berbagai tempat wisata lainnya yang mengagumkan. Nah, bagi yang bukan warga Kota Bengkulu, kapan-kapan wajib coba berlibur di kota ini karena ada banyak hal menarik yang pastinya akan membuat momen liburan kalian sangat berkesan. Salah satunya adalah sejarah Kota Bengkulu yang tentu sangat menarik untuk disimak.

Berkunjung ke Bengkulu dapat diibaratkan membuka sebuah peti yang berisi sejarah. Berdiri kokoh benteng peninggalan Inggris, jejak-jejak pengasingan Bung Karno, dan masih ada beberapa kepingan sejarah lainnya. Tak hanya sejarah saja, ada hal menarik lainnya yang wajib dicoba ketika Anda mengunjungi Kota Bengkulu. Misal kuliner masa kini yang siap menggoyang lidah Anda.Sebut saja es durian, tempoyak, dll. Daripada semakin penasaran, yuk jelajah Kota Bengkulu mulai dari pasar tradisional, Pasar Panorama.

Pasar Panorama

Pasar Panorama adalah sebuah pasar tradisional terfavorit di Bengkulu. Pasar ini terus beroperasi hingga 24 jam 7 hari alias tidak mengenal hari libur. Tak beda jauh dengan pasar-pasar tradisional pada umumnya, pasar ini menjual baragam sayuran segar, aneka buah yang baru dipanen, ikan segar, daging yang masih merah, bahkan ada juga barang-barang bekas. Apapun yang Anda butuhkan, hampir semuanya tersedia di Pasar Panorama ini.

Meski ramai dan terkesan sumpek akibat banyaknya pedagang dan pembeli yang tumpah ruah, berbelanja di Pasar Panorama ini tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Setidaknya Anda menjadi tahu akan suasana yang dihadirkan oleh pasar tradisional ini. Anda juga akan memiliki pengalaman berbelanja di pasar tradisional di daerah lain yang pastinya juga menyediakan beragam kuliner.

Baca juga: Suku Yang Ada Di Kalimantan Ini Asli, Bukan Pendatang

Masjid Jamik

Masjid Jamik merupakan salah satu masjid yang terkenal di Bengkulu. Lokasinya tepat berada di jantung Kota Bengkulu, persis di tengah delta yang dikelilingi oleh 2 jalan utama. Jika masjid pada umumnya memiliki atap berbentuk kubah, lain halnya dengan Masjid Jamik ini. Masjid kebanggaan masyarakat Bengkulu ini memiliki atap berbentuk limas-kerucut yang berlapis iga. Limas ini dilapisi dengan seng berwarna merah dan dihiasi dengan empat buah pilar yang bermotif flora.

Tahukah Anda, masjid ini rupanya pertama kali dibangun pada abad ke-18. Dahulu Masjid Jamik ini bernama Surau Gedang. Bangunan ini kemudian direnovasi lalu diubah namanya menjadi Masjid Jamik atas permintaan Soekarno. Penamaan ini dilakukan ketika Soekarno menjalani pengasingan di Bengkulu.

Pendap Cik Timah

Di Bengkulu ada warung makan legendaris yang menyediakan salah satu makanan khas Bengkulu, yaitu Pendap Cik Timah. Bagi Anda yang awam atau baru pertama kali mendengar nama kuliner khas ini, Pendap adalah panganan tradisional yang berupa ikan. Nah, ikan pada Pendap ini dilengkapi dengan kelapa muda parut, cabai, rempah, dan kunyit. Jika dipikir-pikir, Pendap hampir mirip dengan pepes khas Jawa. Bedanya, Pendap dibungkus dengan 30 lembar daun keladi. Cara memasaknya direbus hingga 8 jam.

Pendap Cik Timah ini selalu laris manis oleh para wisatawan yang berkunjung di warungnya. Tiap harinya, Pendap Cik Timah hanya memproduksi 150 buah Pendap. Harga per buah tak mahal. Hanya Rp. 15.000 saja untuk satu porsi. Karena ramai, banyak wisatawan yang tak sabar untuk segera menncicipi Pendap Cik Timah dan terpaksa mengantre dengan wisatawan-wisatawan lainnya.

Pondok Durian Bengkulu

Bengkulu dari dulu terkenal sebagai salah satu produsen durian terbesar di Indonesia. Tak heran jika ada banyak jenis olahan durian di sini. Sebut saja tempoyak. Akan tetapi bukan tempoyak akan kami rekomendasikan kepada Anda. Ada satu olahan durian lainnya yang pastinya akan menyegarkan mulut Anda. Apalagi kalau bukan es durian. Es durian yang dijual di Pondok Durian Bengkulu disajikan dengan tambahan es krim puter plus ketan putih. Tak hanya itu, potongan daging buah alpukat dan agar-agar berwarna merah semakin membuat siapa saja yang melihatnya akan tergiur untuk segera mencicipinya. Bagaimana, ingin mencoba. Jika berminat, pantau terus berita Bengkulu; mungkin saja nanti ada rekomendasi olahan durian menarik lainnya.