Mode Gelap di Smartphone

Manfaat Mode Gelap di Smartphone

Read Time:3 Minute, 10 Second

Untuk info gadget kali ini, kami mengulas mengenai manfaat mode gelap di smartphone yang Anda gunakan. Dalam mode gelap, tampilan layar gadget memiliki latar belakang hitam dengan teks putih. Keuntungan dari pengaturan ini adalah mata Anda kurang terkena cahaya biru.

Mode gelap tiba-tiba menjadi idola para pengguna smartphone belakangan ini. Biasanya layar di pengaturan smartphone memiliki latar belakang putih dengan warna teks hitam. Dalam pengaturan mode gelap, latar belakang berubah menjadi hitam dan warna teks berubah menjadi putih.

Pengaturan ini ditemukan lebih menarik bagi sebagian orang. Selain itu, banyak pendapat yang percaya bahwa mode gelap atau dark mode dapat mengurangi paparan cahaya biru dari gadget. Tetapi apakah pengaturan mode gelap di smartphone benar-benar baik untuk mata Anda?

Pelajari tentang pengaturan mode gelap di smartphone

Mungkin generasi muda mengenal mode gelap ini sebagai inovasi baru dalam sebuah gadget. Padahal, di awal kemunculannya, mode gelap pertama kali muncul di pengaturan awal layar komputer.

Monitor menggunakan fosfor sebagai tema latar belakang, yang tampak gelap di layar komputer. Saat Anda memasukkan teks, huruf putih atau hijau akan muncul. Kemajuan teknologi juga membuat situasi awal ini terkesan dilupakan banyak orang.

Seiring era smartphone yang semakin canggih, para pembuat gadget mulai menambahkan kembali mode gelap di smartphone ke produk mereka. Ini memudahkan Anda untuk mengubah tema atau pengaturan yang lebih gelap.

Mengubah pengaturan ke mode gelap akan mengurangi paparan cahaya biru gadget. Beberapa orang menggunakan pengaturan ini untuk membuat ponsel mereka lebih mudah dilihat dalam cahaya redup. Banyak orang melakukan perubahan ini agar mereka dapat dengan nyaman menggunakan ponsel mereka sebelum tidur. Sayangnya, masih tidak disarankan jika Anda ingin mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Satu studi menemukan bahwa seseorang yang bermain dengan smartphone sebelum tidur membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur. Studi lain menemukan bahwa tidak ada perbedaan produksi hormon melatonin pada mereka yang menggunakan perangkat dengan mode terang atau gelap pada waktu tidur. Melatonin adalah hormon alami yang dikeluarkan oleh tubuh untuk membantu mengatur pola tidur. Untuk menjaga kualitas tidur, Anda harus mengurangi kecerahan atau bahkan tidak membawa gadget ke tempat tidur.

Manfaat Menggunakan Mode Gelap

Meski begitu, masih ada hal positif yang bisa kamu capai dengan Dark Mode. Berikut adalah manfaat mengubah tampilan ponsel Anda ke mode gelap:

1. Kurangi paparan cahaya biru

Cahaya biru ini menghambat produksi melatonin. Hormon ini membuat seseorang merasa mengantuk dan memberi sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya untuk tidur. Namun, tetap disarankan untuk tidak membawa ponsel di tempat tidur. Akhiri waktu Anda dengan smartphone Anda sebelum memasuki ruangan.

2. Mengurangi ketegangan mata

Bagi sebagian orang, mode gelap memudahkan membaca teks. Mereka yang suka membaca ebook di malam hari atau menjelajahi media sosial kemungkinan akan lebih memilih mode gelap ini.

Namun, waspadai tanda-tanda dari mata Anda bahkan dalam mode gelap. Saat mata Anda terasa lelah, kering, dan sedikit kencang, istirahatlah. Jauhkan mata Anda dari perangkat untuk sementara waktu.

3. Hemat baterai perangkat

Manfaat lain tidak terkait dengan kesehatan, tetapi banyak orang mungkin menyukainya. Mode gelap di smartphone adalah pengaturan yang sangat efisien untuk konsumsi daya baterai. Ini juga memungkinkan ponsel digunakan lebih lama. Beralih ke mode gelap dapat menjadi keuntungan bagi Anda saat berada di luar ruangan dan jauh dari stasiun pengisian daya.

Mode gelap tidak selalu bagus

Selain manfaat kesehatan mata, mode gelap juga memiliki efek negatif yang serupa. Dalam mode gelap, pupil mata dipaksa melebar untuk menangkap lebih banyak cahaya. Pada titik ini, ketajaman visual menurun. Maka tidak heran jika banyak orang salah membaca dalam kegelapan.

Juga, tidak semua orang dapat menggunakan pengaturan layar hitam ini. Orang dengan miopia akan lebih sulit membaca di layar hitam dan teks putih. Di bagian belakang, muncul huruf putih bercampur hitam.

Menggunakan mode gelap di gadget yang Anda miliki bukanlah suatu keharusan. Sesuaikan saja untuk kenyamanan Anda saat melihatnya. /Aha

Baca Juga: Tips Membeli HP Secara Online yang Aman dan Terpercaya

Ketahui 5 Sisi Pribadi Ketika Anda Memiliki Pasangan yang Introvert Previous post Ketahui 5 Sisi Pribadi Ketika Anda Memiliki Pasangan yang Introvert
Game Slot Terbaik Penghasil Pulsa Next post Game Slot Terbaik + 5 Penghasil Pulsa Paling Populer di Play Store!