Suku Yang Ada Di Kalimantan Ini Asli, Bukan Pendatang

Suku Yang Ada Di Kalimantan Ini Asli, Bukan Pendatang

Read Time:3 Minute, 57 Second

Kalimantan merupakan pulau terbesar di Indonesia. Dengan lima provinsi yang menjadi bagiannya, 7 suku yang ada di Kalimantan merupakan suku asli di pulau ini. Sedangkan banyak suku lain merupakan pendatang atau perantau.

Banyaknya suku pendatang seperti dari Jawa, Madura dan Sulawesi ke pulau ini mulai marak saat ada program transmigrasi dari pemerintah. Program ini dimulai pada tahun 60an atau 70an, saat orde baru mulai berkuasa.

Suku Yang Ada Di Kalimantan

Sebanyak 7 suku yang ada di Kalimantan merupakan suku asli. Artinya nenek moyang mereka telah mendiami pulau borneo ini jauh sejak Indonesia belum merdeka. Hingga saat ini, Kalimantan perlahan semakin padat penduduknya.

Suku Yang Ada Di Kalimantan: Suku Dayak

Nama suku dayak berasal dari penjajah Belanda yang memberi julukan “orang-orang Dayak” untuk penduduk Kalimantan pedalaman. Meskipun sebagian orang dayak saat ini juga ada yang tinggal di perkotaan.

Suku Dayak memiliki budaya unik dan kuat dengan tradisi penuh mistis. Orang-orang Dayak terkenal sebagai penguasa perairan Kalimantan. Memang banyak suku yang ada di Kalimantan tinggal di pedalaman atau hulu sungai.

Transportasi dan akomodasi orang zaman dahulu masih sangat sederhana. Namun orang Dayak mampu menjangkau dan menguasai setiap aliran sungai di pulau borneo tersebut. Simak selengkapnya di Academia.

Penduduk Suku Dayak merupakan orang-orang yang terkenal kuat dalam memegang teguh adat dan budaya. Secara turun-temurun mereka menjaga tradisi, ritual adat, hingga amal keseharian. Tidak heran jika orang beranggapan bahwa mereka merupakan salah satu suku terkuat.

Peraturan adat tegak sedemikian rupa oleh para tetua dan orang-orang yang memegang amanah kepemimpinan. Setiap generasi mereka libatkan dalam acara-acara ritual agar mengenal sejak dini.

Hingga urusan pemakaman, mereka atur dengan tegas oleh adat. Ada sebagian yang mereka kubur dalam peti batu, pohon, atau kremasi. Ada beberapa jenis cara penguburan yang berbeda, tergantung aturan dari sub suku masing-masing.

Suku Dayak memiliki beberapa sub suku atau rumpun yang membedakan asal daerah dan bahasa mereka. Orang-orang Barito Raya menurut sejarah bertalian dengan penduduk Madagaskar. Mereka memiliki akar bahasa yang sama.

Suku Melayu

Suku ini merupakan suku yang banyak tinggal di wilayah Kalimantan Barat, Malaysia dan Brunei Darussalam. Selain itu mereka juga banyak tinggal di wilayah Pulau Sumatera bagian Utara. Seperti Aceh dan Sumatera Utara.

Suku Melayu di Kalimantan menggunakan bahasa yang persis orang Malaysia. Karena mereka juga paling banyak berinteraksi langsung di dengan orang-orang negara tetangga ini.

Suku Yang Ada Di Kalimantan: Suku Banjar

Suku ini adalah suku di kalimantan selatan yang berada di sekitar Banjarmasin. Mereka jarang terekspos media karena merupakan salah satu suku yang beradaptasi dengan berbagai modernitas.

Menurut penelitian dari Laboratorium Antropologi Molekuler dan Sintesis Citra (AMIS), Suku ini merupakan asal dari penduduk Madagaskar. Meskipun bahasa yang mereka gunakan lebih dekat dengan bahasa Dayak Maanyan.

Namun secara genetik, orang Madagaskar berasal dari orang Banjar yang pergi ke pulau terpencil ini ratusan tahun lalu. Bahasa Dayak Maanyan mereka gunakan karena orang Banjar berasal dari daerah yang sama dengan orang Dayak.

Populasi mereka ini merupakan yang terbanyak dari antara suku asli Kalimantan. Mereka juga memiliki rumah yang menjadi lambang rumah adat Kalimantan. Namanya rumah bubungan tinggi, yaitu rumah yang memiliki atap menjulang.

Suku Kutai

Kutai merupakan suku asli Kalimantan. Banyak yang beranggapan bahwa mereka berasal dari salah satu rumpun suku Dayak. Namun populasi orang Kutai jauh lebih sedikit jika kita bandingkan dengan orang Banjar dan orang Dayak.

Orang Kutai banyak mendiami wilayah Kalimantan Timur dan sebagian Kalimantan Selatan. Nama Suku Kutai berasal dari nama kerajaan Kutai yang hancur saat penyerangan Majapahit.

Suku Yang Ada Di Kalimantan: Suku Paser

Sebagian orang menganggap bahwa Suku Paser merupakan salah satu rumpun dari Suku Dayak. Namun menurut penelitian, mereka memiliki akar bahasa yang berbeda. Sehingga ada bahasa Paser yang saat ini hampir punah jika tidak mereka lestarikan.

Orang Suku Paser saat ini banyak bermukim di pedalaman daerah Kalimantan bagian tenggara. Populasi mereka semakin sedikit karena sebagian tidak lagi mengakui sebagai bagian dari Suku Paser. Ada juga yang mengaku suku Dayak karena bahasa.

Suku Berau

Merupakan suku yang berasal dari pesisir, mereka bermukim di Kalimantan Timur bagian utara. Dahulu, suku ini berasal dari orang-orang kerajaan Berau. Saat ini, ada Kabupaten Berau yang menjadi lambang keberadaan mereka.

Suku Yang Ada Di Kalimantan: Suku Tidung

Dahulu, ada Kerajaan Tidung yang merupakan asal dari Suku Tidung. Namun kemudian punah akibat berbagai intrik pada masa penjajahan Belanda. Orang Suku Tidung dianggap masih kerabat salah satu rumpun Suku Dayak.

Baca juga: Ciri-Ciri Sepatu Sneakers Asli, Yang Lagi Berburu Sneakers Wajib Tahu!

Namun kini Suku Tidung tidak lagi diakui sebagai bagian dari Suku Dayak. Hal ini karena orang Suku Tidung mayoritas memeluk agama Islam, berbeda dengan kebanyakan orang Dayak yang non muslim.Pengetahuan mengenai suku yang ada di Kalimantan dan suku lain di Indonesia dapat disimak melalui sistus Academia. Salah satu penyedia materi belajr terlengkap untuk siswa dan umum.

Jenis Proyek Teknik Sipil Previous post Jenis Proyek Teknik Sipil
Tips Membeli HP Secara Online yang Aman dan Terpercaya Next post Tips Membeli HP Secara Online yang Aman dan Terpercaya