Tips Membeli HP Secara Online yang Aman dan Terpercaya

Tips Membeli HP Secara Online yang Aman dan Terpercaya

Read Time:3 Minute, 45 Second

Kebutuhan akan suatu barang saat ini bisa dibeli melalui pasar online. Salah satunya adalah membeli HP. Ada beberapa tips membeli HP secara online agar aman dan terpercaya. Dengan mengetahui tips apa saja yang dibutuhkan, tentunya akan lebih nyaman ketika membeli. 

Banyak kasus penipuan seringkali terjadi di pembelian secara online. Dengan membeli secara online tentunya harus lebih berhati-hati agar terhindar dari berbagai kerugian ini. Apa saja tipsnya? simak berita teknologi telekomunikasi kali ini!

Tips Membeli HP Secara Online yang Aman dan Terpercaya

Pilih Tipe HP yang Diinginkan

Sebelum memilih penjual HP online, sebaiknya ketahui dulu tipe HP yang ingin dibeli seperti melihat perbedaan android dan iphone. Setelah mengetahui tipe HP yang diinginkan, lakukan observasi untuk menemukan penjual yang menyediakan tipe HP yang Anda inginkan.

Selanjutnya, lakukan perbandingan harga dari satu penjual dengan penjual lainnya. Sebagai konsumen, tentu saja Anda menginginkan HP dengan harga yang paling murah. Jadi, tak ada salahnya jika Anda melakukan perbandingan antara beberapa penjual HP online yang berbeda.

Pilihlah Toko atau Penjual yang Terpercaya

Memilih penjual atau toko yang terpercaya menjadi syarat mutlak ketika membeli HP secara online. Kualitas penjual memang menentukan barang dagangannya. Jika memilih penjual yang terpercaya, maka bisa menghindari adanya penipuan.

Dewasa ini, Anda bisa memilih penjual berdasarkan dengan review pembeli sebelumnya. Review biasanya hanya bisa diberikan kepada orang yang pernah melakukan transaksi dengan si penjual. Selain itu, untuk menghindari adanya penipuan, bisa juga membeli melalui marketplace yang terpercaya.

Kenali Online Shop yang Terjamin Keamanannya

Dalam membeli HP secara online, aspek yang perlu Anda perhatikan bukan hanya reputasi penjual saja, tapi juga keamanan dari online shop itu sendiri. Keamanan website penjual akan menjamin transaksi Anda.

Sebagai contoh, ketika Anda membayar HP yang Anda beli dengan kartu kredit, maka Anda harus mengisi sejumlah data kartu kredit di website penjual HP tersebut. Jika keamanan websitenya tidak terjamin, data kartu kredit tersebut bisa bocor ke tangan hacker bila suatu waktu website tersebut dihack.

Website jual HP online yang keamanannya terjamin selalu terdapat https:// di depan domainnya. Selain itu, di address bar juga terdapat gambar gembok atau kunci yang menandakan bahwa keamanan data pembeli benar-benar terjamin.

Baca juga: Rekomendasi Anime Action Terbaik

Lakukan Perbandingan Harga dengan Berbagai Toko

Pembeli tentu menginginkan harga barang yang lebih murah, termasuk diri kita sendiri ketika ingin membeli HP baru. Oleh karena itu, buatlah perbandingan harga dari satu penjual dengan penjual yang lain.

Sebagai konsumen tentu saja kita mendambakan harga beli yang murah. Namun, jika harga yang ditawarkan terlalu murah sebaiknya Anda patut curiga. Pilih HP yang harganya berada di kisaran rata-rata, jangan tergiur dengan membeli HP yang harganya sangat murah dari pasaran agar Anda tidak kecewa.

Baca Deskripsi Barang dengan Teliti

Sebelum membayar HP yang dipilih, alangkah baiknya jika Anda membaca deskripsi barangnya terlebih dahulu. Deskripsi tersebut biasanya memberikan keterangan mengenai spesifikasi HP, metode pengiriman, sampai dengan kelengkapan yang akan diterima oleh pembeli.

Membaca deskripsi barang adalah poin yang sangat penting agar tidak terjadi misscommunication dengan penjual. Di samping itu, Anda juga bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan HP itu melalui spesifikasinya sehingga Anda masih bisa mengganti pilihan jika spesifikasinya kurang sesuai dengan keinginan.

Pastikan Ada Garansi Resmi

Kebanyakan pembeli yang awam tidak memperhatikan garansi dari HP yang dibeli secara online. Alhasil, ketika HP itu bermasalah dan hendak dibawa ke service center resmi dari merk HP tersebut ternyata garansinya tidak berlaku.

Perlu Anda ketahui bahwa penjual HP yang terpercaya selalu menjual HP dengan garansi resmi dari merk HP tersebut. Hindari membeli HP dengan garansi toko karena biasanya HP tersebut tidak bisa digaransikan di service center resmi. 

Oleh karena itu, pemilihan toko yang terpercaya memang penting untuk mendapatkan HP berkualitas dengan garansi yang resmi. Selain itu, adanya garansi ini bisa digunakan untuk klaim jika terjadi kerusakan.

Ada Kontak Penjual dengan Jelas

Hal lain yang harus diperhatikan sebelum melakukan transaksi pembelian HP secara online adalah memastikan bahwa ada kontak penjual atau customer service yang bisa dihubungi. Cobalah menghubungi penjual dengan menanyakan beberapa hal. Penjual yang baik pasti akan membalas pesan dari calon pembeli.

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengecek kontak yang tertera adalah dengan memeriksanya melalui aplikasi pelacak seperti getcontact. Dengan memasukkan nomor HP penjual bisa dilihat apakah nomor tersebut real atau fake.

Beberapa kontak penipu yang sudah pernah melakukan penipuan biasanya akan disimpan nomernya dengan label penipu sehingga track record nomornya akan terekam melalui aplikasi ini. Dengan demikian, pembeli harus waspada dan membatalkan transaksi jika ada hal serupa.

Demikian tadi beberapa tips dalam membeli HP secara online yang aman dan terpercaya. Tetaplah hati-hati ketika melakukan transaksi!

Suku Yang Ada Di Kalimantan Ini Asli, Bukan Pendatang Previous post Suku Yang Ada Di Kalimantan Ini Asli, Bukan Pendatang
Masjid Jamik Next post Kota Bengkulu dengan Segala Daya Tariknya