Apa itu poles mobil dan manfaatnya

Apa Itu Poles Mobil dan Manfaatnya?

Read Time:1 Minute, 57 Second

Tidak banyak orang yang benar-benar paham apa itu poles mobil. 

Ketika mobil anda terkena baret misalnya, anda pergi ke bengkel untuk menghilangkan cacat tersebut. Orang bengkel akan melakukan apa yang anda minta. Membuat mobil anda kembali mengkilap. 

Lantas, saat staf bengkel bekerja, manakah proses ‘poles’ tersebut?

Mengenal Apa itu Poles Mobil?

Poles atau polishing merupakan pengikisan lapisan clear coat mobil untuk meratakan permukaan cat yang cacat. Clear Coat adalah bahan terluar body mobil tempat cat menempel. Saat cat mobil tergores, anda bisa melihat clear coat di balik cat tersebut. 

Jadi, polishing mobil berhubungan dengan restorasi warna cat yang rusak dan pengikisan lapisan clear coat dalam proses tersebut.

Arti lain dari poles mobil lebih erat hubungan dengan salon mobil. Di sini, poles dilakukan agar mobil lebih elok. Dengan demikian, memoles mobil tidak harus saat cat sudah tergores atau terkelupas. Anda bisa melakukannya sebagai langkah preventif melindungi mobil dari cacat minor (kusam, lecet dll).

Tujuan & Manfaat Polishing

Tujuan & Manfaat Polishing Mobil
Sumber gambar: youtube.com/Tube-Namdua

Jika anda sepakat bahwa istilah polishing mengacu pada proses pemugaran dan perlindungan cat mobil, maka tujuan & manfaat polishing adalah;

  • Mengembalikan warna mobil secara merata setelah terjadi baret atau lecet. Pada bagian ini, proses polishing dimulai dengan meratakan clear coat hingga finishing cat ulang di atas clear coat. Proses pengikisan lebih banyak orang ketahui dengan istilah compounding.
  • Melapisi cat mobil dengan lapisan pelindung agar tidak mudah lecet. Ini merupakan langkah awal untuk melindungi performa warna mobil. Lapisan pelindung cat juga membuat mobil lebih mudah dibersihkan.
  • Melindungi cat mobil dari kerusakan akibat perubahan suhu. Sinar ultraviolet dan pancaran sinar matahari langsung menyebabkan cat mobil cepat rusak. Jika tidak terkelupas ya pudar.
  • Mempertahankan warna cat untuk waktu lebih lama. Warna mobil tidak akan membosankan bila selalu bersih, jernih dan mengkilap. Salah satu cara ideal mendapatkannya adalah dengan memoles mobil.

Beberapa ahli ‘poles’ mungkin akan mempertentangkan makna dari poles mobil di atas. Sebagian setuju bahwa poles artinya memoles, mempercantik dan mempertahankan keindahan. Sementara yang lain lebih setuju bahwa ‘poles mobil’  adalah proses restorasi cat mobil. 

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai apa itu poles mobil dan manfaatnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang tertarik untuk mencoba restorasi mobil ini. Jangan lupa juga untuk mengikuti artikel umum menarik lainnya dari kami dengan cara mengikuti blog ini. Terima kasih telah membaca.

Aplikasi Download Lagu Previous post 7 Aplikasi Download Lagu Gratis di Smartphone
Strategi Scalping Next post Strategi Scalping, Trading Jangka Pendek yang Menguntungkan