Monitor untuk CCTV

Tips Memilih Layar Monitor untuk CCTV Apakah Anda Memilih HDMI/Analog?

Read Time:3 Minute, 53 Second

Monitor untuk CCTV – Kami akan membicarakan HDMI atau Analog. Kamera CCTV adalah teknologi kamera untuk memantau suatu area atau ruangan dengan berbagai fitur canggih. Kamera ini dalam proses kerjanya tidak dapat berdiri sendiri, perlu bantuan perangkat lain untuk memproses hasil jepretan secara digital dan dapat dilihat oleh Anda.

Tentunya sesuai dengan salah satu fungsi penggunaan CCTV untuk pengawasan, diperlukan media penerima untuk menampilkan gambar (video) yang ditangkap oleh kamera yaitu layar monitor. Monitor memiliki resolusi yang berbeda-beda, ada monitor berwarna atau hitam putih, terkadang bahkan dengan suara.

Jadi, untuk mendapatkan sistem keamanan kamera yang baik, Anda tidak hanya melihat spesifikasi kamera pengintai, tetapi juga perlu memperhatikan jenis kamera CCTV.

Jika anda sudah mengetahui tips agar hardisk cctv tidak cepat penuh, maka kali ini mari kita bahas tips cara memilih layar cctv yang paling cocok. Lihat saja!

Tips Memilih Monitor untuk CCTV

Monitor untuk CCTV

1. Pertama, perhatikan jumlah saluran CCTV yang Anda gunakan

Mari kita bahas DVR di sini dulu. Apa itu DVR? Perangkat DVR adalah perangkat yang berfungsi untuk mengolah data dari hasil rekaman kamera CCTV menjadi bentuk digital yang sebenarnya dapat digunakan hingga 16 channel atau kamera pengintai secara bersamaan.

Artinya DVR dapat menampilkan hasil rekaman hingga 16 kamera secara bersamaan pada satu layar monitor. Anda harus mempertimbangkan jumlah saluran atau kamera yang ingin Anda pantau, apakah itu 16 saluran sekaligus atau hanya 1, 2, dst.

Jika Anda ingin memantau saluran dalam jumlah banyak, otomatis Anda membutuhkan layar monitor CCTV yang besar sehingga dapat merekam di satu layar dalam waktu yang bersamaan.

Namun jika hanya ingin menonton 1 channel saja tidak perlu TV yang besar, karena tampilan gambar tidak dibagikan dengan channel lain. Anda dapat memilih monitor 32 inci untuk CCTV jika Anda ingin memantau 16 saluran secara bersamaan.

2. Pertimbangkan fitur HDMI

Dalam proses transfer dari kamera ke DVR dihubungkan dengan kabel output yang memiliki tipe yang berbeda-beda. Kabel output ini bertanggung jawab untuk mentransfer hasil rekaman dari kamera ke DVR dan tentunya memiliki jenis yang berbeda-beda tergantung dari fungsi yang diinginkan.

Jika Anda ingin gambar yang dihasilkan pada layar monitor memiliki kualitas yang baik dan mendukung audio, maka Anda perlu memilih layar monitor untuk CCTV jenis HDMI. Jika Anda menggunakan DVR tipe HDMI, kabel output yang Anda pilih secara otomatis menjadi kabel output HDMI. Setelah itu Anda harus memilih layar yang mendukung fungsi HDMI ini dan ternyata sebagian besar layar yang ada di pasaran sudah mendukung fungsi HDMI.

3. Pertimbangkan posisi layar monitor untuk CCTV Anda

Memilih lokasi untuk menempatkan layar monitor untuk CCTV juga merupakan hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih ukuran layar monitor. Jika Anda ingin memantau secara dekat dengan kamera, Anda dapat memilih monitor kecil.

Namun, jika Anda ingin memantau dari jarak jauh dengan jangkauan yang lebih jauh, Anda bisa memilih layar yang besar. Begitu juga dalam kaitannya dengan faktor privasi,

Jika Anda tidak ingin banyak orang tahu tentang layar monitor CCTV ini atau mengetahui lokasinya, Anda bisa memilih layar yang kecil karena layar yang kecil tidak memakan banyak tempat.

4. Pertimbangkan resolusi kamera dan DVR

Sebelum Anda memilih layar yang tepat, Anda perlu meninjau spesifikasi kamera dan DVR Anda sekali lagi. Jika resolusi kamera dan DVR Anda kebetulan rendah, Anda tidak perlu repot memilih layar monitor CCTV dengan spesifikasi tinggi, karena jika kamera dan DVR beresolusi rendah, gambar yang dihasilkan akan sama.

5. Pertimbangkan jumlah konsumsi daya

Memasang kamera dan peralatan CCTV berarti Anda siap untuk memiliki perangkat ini selalu selama 24 jam non-stop. Artinya konsumsi energi listrik juga harus diperhitungkan agar tagihan listrik Anda tidak boros.

Anda perlu memperhatikan konsumsi daya layar monitor yang ingin Anda beli. Anda dapat memilih layar monitor untuk CCTV dengan seri LED karena produk ini mengkonsumsi daya paling sedikit dibandingkan dengan jenis monitor lainnya.

Kesimpulan Memilih Monitor untuk CCTV

Beberapa orang menggunakan TV sebagai layar untuk merekam semua peristiwa yang terekam di CCTV. Ini bisa menjadi ide yang bagus dan relatif murah jika Anda tidak benar-benar membutuhkan gambar berkualitas tinggi dan hanya memasang satu atau dua kamera, misalnya untuk mengawasi rumah Anda.

Jika Anda menggunakan layar televisi untuk melihat rekaman di CCTV, Anda tidak akan mendapatkan gambar dengan resolusi tinggi karena layar televisi tidak cocok sebagai monitor untuk kamera.

Jadi, untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik, Anda memerlukan layar yang lebih baik dan yang satu ini dirancang khusus untuk kamera CCTV.

Namun jika Anda membutuhkan layar untuk kamera CCTV di rumah, menggunakan layar TV juga bisa. Pastikan Anda berkonsultasi dengan layanan CCTV profesional sebelum memilih kamera dan monitor CCTV yang tepat. Kunjungi website mahavision.id untuk informasi layanan paket cctv murah jakarta dengan kualitas dan harga terbaik.

Baca Juga: Pelajari Sejarah Sepak Bola Dunia Dan Awal Perkembangannya di Indonesia

Sejarah Sepak Bola Previous post Pelajari Sejarah Sepak Bola Dunia Dan Awal Perkembangannya di Indonesia
Situs Jual Beli Rumah Bekas Next post <strong>4 Situs Jual Beli Rumah Bekas untuk Penjual dan Pembeli</strong>