Sejarah Sepak Bola

Pelajari Sejarah Sepak Bola Dunia Dan Awal Perkembangannya di Indonesia

Read Time:4 Minute, 2 Second

Sejarah Sepak Bola – Siapa yang tidak tahu sepak bola? Ya, olahraga yang satu ini sering disebut-sebut sebagai olahraga terpopuler di dunia. Hampir setiap negara di dunia memiliki klub sepak bola nasional, lengkap dengan struktur liga dan sistem permainan yang mapan – terlepas dari negara atau lokasinya.

Olahraga ini seolah menjadi bahasa universal yang bisa dipahami oleh semua orang lintas batas. Tidak berlebihan untuk menggambarkan sepak bola sebagai olahraga yang menyatukan orang. Hal ini terlihat sangat jelas pada Asian Games kemarin ketika seluruh pendukung sepak bola Indonesia mengesampingkan identitas pendukung klubnya masing-masing untuk mendukung bangsanya.

Sejarah Sepak Bola

Nah, terlepas dari nilai positif yang dibawanya, sepak bola memiliki sejarah yang panjang. Bagaimana sepak bola menjadi olahraga paling populer di dunia? Yuk, simak ceritanya di bawah ini!

1. Awal Pertandingan Sepak Bola

Akar dari sejarah panjang sepak bola adalah pada abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi. (SM) di Negeri Tirai Bambu di China. Awalnya, sepak bola dimainkan dengan menggiring bola kulit ke gawang kecil. Seiring waktu, olahraga ini dibawa ke Eropa, terutama Inggris.

Dari Cina ke Inggris

Sepak bola di Inggris mengalami perkembangan yang pesat dengan diperkenalkannya berbagai aturan dan peraturan permainan. Sepak bola di dunia barat dimulai di bidang sekolah dan universitas dan dimainkan di antara mereka. Secara bertahap, kompetisi secara resmi diperkenalkan ke liga yang terpisah. Sepak bola terus berkembang hingga akhirnya memiliki kompetisi profesional tersendiri.

Pembentukan Klub Sepak Bola

Sheffield FC terdaftar sebagai klub sepak bola tertua di dunia, yang didirikan pada tahun 1857. Hingga saat ini, dominasi sepak bola sebagai olahraga terpopuler masih berlanjut. Klub sepak bola yang berbeda yang sangat terkenal adalah Arsenal, Chelsea, Manchester United, Manchester City dan Tottenham dari liga Inggris.

Pesaing mereka dari Liga Jerman adalah Bayern Munich dan Borussia Dortmund, sedangkan Liga Italia mengandalkan Juventus. Barcelona dan Real Madrid adalah dua klub besar milik Spanyol. Meski kecil, liga Belanda juga memiliki klub legendaris yaitu Ajax Amsterdam.

2. Sejarah Sepak Bola di Dunia

Setelah dikenal luas di seluruh benua Eropa, dunia sepak bola mulai berkembang dengan pesat. Karena sukses besar dengan murid dan siswa, inisiatif untuk menciptakan sistem liga profesional yang berkelanjutan muncul. Inisiatif ini juga dibarengi dengan pengenalan berbagai regulasi agar permainan lebih kompetitif dan menarik.

Selain itu, banyak perusahaan mulai memproduksi berbagai perlengkapan sepak bola seperti kaos sepak bola dan sepatu bola.

Popularitas Sepak Bola di Kalangan Pedagang, Pelaut, dan Tentara

Sepak bola dibawa ke seluruh dunia oleh pedagang, pelaut, dan tentara Inggris setelah Inggris membuat sejarah. Sepak bola pada awalnya populer di negara-negara Eropa seperti Prancis, Jerman, Spanyol, dan Italia. Baru kemudian sepak bola menyebar ke seluruh dunia, terutama dari koloni Inggris yang tersebar di semua benua.

Yayasan Asosiasi Sepak Bola

Sepak bola terus berkembang hingga menjadi olahraga paling digemari banyak orang. Akhirnya, pada tahun 1904, Asosiasi Sepak Bola Internasional, atau disingkat FIFA, dibentuk. Setelah pembentukan FIFA, sepak bola menyebar ke berbagai negara dengan pembentukan sistem dan struktur yang mapan untuk mendukung jalannya kompetisi.

Hingga saat ini, berbagai liga dan kejuaraan telah diselenggarakan, mulai dari tingkat nasional, kontinental, bahkan dunia. Kompetisi paling populer – terhitung dengan pangsa pasar siaran tertinggi – termasuk Liga Premier di Inggris, Piala Champions UEFA untuk klub-klub Eropa dan Piala Dunia, kompetisi klub nasional negara-negara di seluruh dunia.

3. Sejarah Sepak Bola Indonesia

Pada masa penjajahan Belanda, sepak bola mulai mendapat pijakan di Indonesia. Masyarakat Belanda telah jatuh cinta dengan olahraga yang relatif baru ini sejak akhir abad ke-19. Tak heran jika mereka membawa kecintaan mereka pada sepak bola ke Hindia Belanda. Antusiasme ini kemudian menjangkiti tidak hanya penjajah Belanda, tetapi juga penduduk asli.

Yayasan PSSI dan Kompetisi di Indonesia

Akhirnya, pada tahun 1930, badan pengatur sepak bola di Indonesia diresmikan. Badan ini adalah Persatuan Sepak Bola Indonesia atau PSSI. Sejak saat itu, semakin banyak orang yang menggeluti olahraga ini hingga akhirnya diadakan Kompetisi First Union. Pada masa-masa awal itu terbentuk beberapa klub besar yang menjadi klub dominan di Indonesia hingga saat ini.

Beberapa klub tersebut adalah Persib Bandung, Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya. Dalam perkembangannya, tim nasional Indonesia (Timnas) di bawah naungan PSSI belum sempat menorehkan prestasi di level Piala Dunia atau Kejuaraan Dunia. Saat ini kompetisi nasional yang berlaku adalah Liga 1 untuk divisi teratas dan Liga 2 dan Liga 3 sebagai liga degradasi di bawahnya.

Itu menyimpulkan gambaran kami tentang sepak bola dunia dan nasional. Kenyataannya, situasi sepak bola nasional terkadang mengecewakan. Namun, tren belakangan ini cukup bagus. Liga 1 Indonesia mulai berkembang menjadi ajang bergengsi nasional. Performa timnas di pertandingan internasional juga cukup baik, terlihat dari performa mereka di Asian Games 2018. Temukan informasi menarik lainnya di situs https://kampusbola.id/.

Baca Juga: 6 Kado Handmade Romantis, Inspirasi Mudah untuk Dicoba!

Cara Bikin Buku Previous post Ini Cara Bikin Buku untuk Para Pemula!
Monitor untuk CCTV Next post Tips Memilih Layar Monitor untuk CCTV Apakah Anda Memilih HDMI/Analog?