Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Kloset, Mana yang Lebih Sehat?

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Kloset, Mana yang Lebih Sehat?

Read Time:4 Minute, 5 Second

Toilet atau WC menjadi salah satu kebutuhan yang wajib dimiliki oleh banyak orang. Setiap rumah tangga, setidaknya memiliki satu WC atau tempat pembuangan kakus untuk memenuhi syarat hidup sehat. Biasanya, toilet memiliki berbagai jenis kloset yang berbeda.

Yang paling populer dalam duni toilet adalah kloset duduk dan jongkok. Kedua ini banyak dipakai untuk kebutuhan toilet dan WC. Masing-masing kloset ini memiliki karakternya masing-masing. Tiap pengguna juga memiliki preferensi yang berbeda-beda ata kloset ini.

Cara membersihkan kloset ini masing-masing memiliki caranya sendiri. Tetapi, jika WC mengalami mampet, Anda perlu menggunakan jasa sedot WC Jakarta ataupun yang ada di kota Anda.

Dengan adanya perbandingan antara kloset duduk dan jongkok, manakah yang lebih baik dari segi desain dan kesehatan? Yuk simak ulasan tentang kelebihan dan kekurangan kloset di bawah ini untuk mengetahui selengkapnya

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Kloset

Mengenal Kloset Jongkok

source foto: Arif K Fadholy

Banyak WC yang memakai jenis kloset jongkok di Indonesia. Jenis kloset ini lebih familiar dan merakyat bagi penggunanya dibandingkan dengan kloset duduk. Apa saja yang membuat kloset ini lebih banyak dipilih ya? Lalu apa saja kekurangan dari pemakaian jenis kloset ini?

Lebih Efektif untuk Buang Air Besar

Kloset jongkok mempunyai kelebihan dalam hal efektivitas dan kenyamanan. Jongkok sangat efektif dalam pergerakan usus halus sehingga lebih mudah membuat Anda mengeluarkan kotoran.  Jongkok mampu memudahkan kinerja otot dalam perut sehingga ia akan lebih mudah bekerja.

Dapat Mencegah Perut Kembung

Menggunakan toilet jongkok ternyata mampu untuk mencegah perut kembung lho. Alasannya adalah pada kinerja otot ketika sedang dalam posisi jongkok. Ketika jongkok, usus akan mengalami pergerakan natural sehingga bisa mengeluarkan kotoran dengan baik.

Ketika dalam posisi jongkok, ternyata juga bisa mencegah adanya kembung di perut, sembelit, bahkan bisa mencegah penyakit wasir.

Rasa Nyaman

Rasa nyaman sebenarnya tergantung pada pribadi masing-masing. Tetapi, bagi orang yang terbiasa menggunakan toilet jongkok pasti akan lebih nyaman ketika jongkok daripada duduk.

Kekurangan WC Jongkok

Selain beberapa kelebihan di atas, menggunakan WC jongkok juga memiliki kekurangan lho. Apa saja kekurangan dari penggunaan WC jongkok ini?

Memiliki tampilan yang Kuno

Jika Anda menginginkan desain yang modern, kloset jongkok dinilai lebih kuno dan tidak artistik. Adan bisa memilih desain kloset duduk agar lebih menarik. Apalagi bentuknya yang biasa saja membuat kloset jongkok tidak cocok untuk kamar mandi futuristik.

Kurang nyaman bagi sebagian orang

Toilet ini juga sangat tidak nyaman saat digunakan bagi sebagian orang yang memiliki gelaja tertentu. Jongkok terlalu lama bisa membuat nyeri paha dan juga tumit. Ini juga bisa menyebabkan mati rasa di kaki atau juga kesemutan. Selain tidak nyaman, ternyata tidak cocok untuk sebagian orang

Untuk beberapa orang merasa toilet jenis ini kurang nyaman dan tidakcocok. Apalagi bagi yang mengalami masalah sakit pada pergelangan kaki. Seperti keseleo, penderita artritis, patah tulang danĀ  tendionitis. Orang tua dan ibu hamil tentunya merasa kesulitan memaikaiĀ  toilet jenis ini.

Baca juga: Agar Tidak Keliru, Begini Tips Mencari Konveksi Yang Terpercaya!

Mengenal Kloset Duduk

source: liputan6.com

Jenis selanjutnya yang banyak digunakan pada beberapa waktu belakangan ini adalah toilet WC duduk. Kloset ini merupakan desain yang lebih praktis meski memakan banyak tempat. Apa saja kelebihan dan kelemahannya?

Kloset Duduk Mempunyai Desain Berkelas

Toilet duduk mempunyai desain dan gaya modern serta berkelas. Wlaupun bentuk dan model toilet jenis ini memiliki kesamaan, kesan mewah dari penggunaan ini di dalam interior kamar mandi atau toilet akan lebih terlihat. Selain mewah, menggunakan kloset duduk juga dinilai lebih bersih dan mudah dibersihkan.

Nyaman untuk Penderita Sakit Tertentu

Bagi orang yang mempunyai keluhan sakit, khususnya pada kaki, menggunakan kloset ini lebih nyaman untuk digunakan. Selain itu, untuk lansia dan ibu hamil juga lebih cocok menggunakan kloset jenis ini.

WC Duduk Dinilai Lebih Bersih

WC duduk mempunyai penutup yang dapat dipakai ketika toilet tidak digunakan. Dibandingkan dengan toilet jongkok tanpa penutup, hal ini membuat toilet lebih bersih dan penampilan lebih higienis. Anda bisa menutupnya ketika tidak dipakai, dan mempermudah untuk membersihkan kamar mandi.

Kekurangan Kloset Duduk

Kloset duduk ini ternyata juga memiliki kekurangan lho dalam penggunaannya. Apa saja?

Harganya lebih Mahal

Harga toilet duduk ternyata lebih mahal daripada kloset jongkok. Hal ini juga dipengaruhi oleh material penggunaannya dan juga fitur yang ada di dalamnya.

Kurang Sehat bagi Kesehatan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kloset duduk kurang sehat. Posisi yang benar ketika melakukan buang air besar harusnya memiliki sudut tertentu mirip ketika jongkok. Sehingga kotoran bisa keluar dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Ketika buang air besar secara duduk, maka posisi kaki dan perut hanya akan membentuk sudut 90 derajat dan tidak memaksimalkan proses pembuangan.

Lebih Banyak Risiko Penyakit

Saat berusaha buang air besar terlalu keras, duduk dalam waktu lama akan meningkatkan banyak penyakit, seperti sembelit dan wasir lho. Selain itu, penggunaan toilet juga dapat meningkatkan risiko penyakit lainnya. Terutama diare, flu hingga infeksi kulit.

Hal ini dikarenakan penggunanya bersentuhan langsung dengan permukaan dudukan toilet, dan permukaan dudukan toilet mudah menjadi sarang bakteri.

Wah jadi dengan mengenal karakteristiknya, Anda jadi tahu kebutuhan akan toilet ini bukan? Semoga membantu!

7 Contoh Media Pembelajaran Daring Gratis Yang Bekerjasama Dengan Kemendikbud Previous post 7 Contoh Media Pembelajaran Daring Gratis Yang Bekerjasama Dengan Kemendikbud
Next post Grand Theft Auto V: Memainkan Peran Kriminal Yang Menyenangkan di Dunia Kriminal